Ada Hegerberg, Peraih Ballon d’Or Wanita Pertama

Ratubola88.com, Paris –  Prancis, Ada Martine Stolsmo Hegerberg yang biasanya dikenali dengan nama Ada Hegerberg, adalah pesepak bola wanita pertama yang berhasil menjadi pemenang Ballon d’Or tahun 2018 yang digelar di Grand Palais, Paris, Prancis, Senin (3/12/2018) malam waktu setempat.

Wanita yang lahir di tanggal 10 Juli 1995 ini adalah seorang bintang di tim Lyon dan juga timnas Norwegia. Hegerberg menjadi pemenang setelah mengalahkan pemain Wolfsburg, Pernille Harder dan rekan setimnya di Lyon, Dzsenifer Maroszan. Sebelum bermain untuk tim Lyon, ia pernah bermain untuk tim Kolbotn dan tim Stabæk di liga Toppserien.

Ada Hegerberg memulai debutnya sebagai senior di usia 15 tahun bersama klub asal Oppegard, Kolbotn. Kariernya terus menanjak setelah bermain untuk Stabaek Fotball Kvinner pada tahun 2012.

Setelahnya, ia sempat hijrah ke Jerman dan membela FFC Turbine Potsdam hingga akhirnya mendapat kesempatan bermain di Prancis bersama tim sepak bola wanita Lyon pada tahun 2014. Saat itulah ia mulai mendapat perhatian lebih karena menunjukkan penampilan yang luar biasa di musim pertamanya.

Ada Hegerberg Berprestasi Sedari Dini

Gelar yang Hegerberg raih sebagai pemenang Ballon d’Or Wanita pertama itu berkat performa impresifnya sejak musim lalu. Striker berusia 23 tahun itu berhasil mencetak 31 gol dari 29 laga di semua ajang.

Selain itu, ia berhasil mengantarkan Lyon menjadi juara Liga Champions. Wanita kelahiran Molde, Norwegia tersebut juga berhasil memenangkan penghargaan UEFA Best Women’s Player in Europe Award pada tanggal 25 Agustus 2016.  Dan disusul dengan penghargaan BBC Women’s Footballer of the Year 2017.

Luka Modric & Ada Hegerberg
Luka Modric & Ada Hegerberg

Hegerberg sendiri merupakan salah satu dari antara tujuh pemain Lyon yang masuk dalam daftar 15 nomine peraih Ballon d’Or wanita 2018. Klub asal prancis tersebut juga berhasil mempertahankan gelar Liga Champions untuk 3 musim beruntun.

“Saya ingin berterima kasih kepada rekan setim karena hal ini tidak akan mungkin terjadi tanpa mereka. Saya juga ingin berterima kasih kepada Presiden klub, Jean-Michel Aulas,” ujar Hegerberg.

pada awalnya penghargaan Ballon d’Or sendiri berlangsung setiap tahun sejak Tahun 1956, dan diadakan teruntuk pesepak bola pria terbaik tahun itu. Namun, mulai tahun ini penghargaan tersebut juga diberikan kepada para pesepak bola wanita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *